Laman

Rabu, 04 Januari 2012

KIMIA KOMPUTASI



 Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengakibatkan terciptanya banyak kemudahan-kemudahan dalam menjalankan berbagai aktivitas. bekerja, belajar, berkomunikasi, dan lain-lain tidak lepas dari berbagai kemudahan teknologi yang ada saat ini. 

Salah satu ilmu yang menunjang terciptanya teknologi baru yaitu bidang teknologi informasi. Banyak cabang ilmu lain yang mempunya keterkaitan terhadap ilmu ini. Ilmu-ilmu seperti Ilmu Pengetahuan Alam (fisika, kimia, biologi), Matematika, maupun Ilmu Pengetahuan Sosial mempunyai keterkaitan yang istimewa terhadap ilmu teknologi informasi.

Salah satu contohnya yaitu "Kimia Komputasi". Kimia komputasi adalah cabang kimia yang menggunakan hasil kimia teori yang diterjemahkan ke dalam program komputer untuk menghitung sifat-sifat molekul dan perubahannya maupun melakukan simulasi terhadap sistem-sistem besar (makromolekul seperti protein atau sistem banyak molekul seperti gas, cairan, padatan, dan kristal cair), dan menerapkan program tersebut pada sistem kimia nyata. Contoh sifat-sifat molekul yang dihitung antara lain struktur (yaitu letak atom-atom penyusunnya), energi dan selisih energi, muatan, momen dipol, kereaktifan, frekuensi getaran dan besaran spektroskopi lainnya. Simulasi terhadap makromolekul (seperti protein dan asam nukleat) dan sistem besar bisa mencakup kajian konformasi molekul dan perubahannya (mis. proses denaturasi protein), perubahan fasa, serta peramalan sifat-sifat makroskopik (seperti kalor jenis) berdasarkan perilaku di tingkat atom dan molekul. Istilah kimia komputasi kadang-kadang digunakan juga untuk bidang-bidang tumpang-tindah antara ilmu komputer dan kimia.

Banyak software yang mendukung cabang ilmu kimia, namun software digunakan saat ini didominasi oleh software yang diopersikan pada OS Linux dari pada OS Windows. Hal itu terjadi karena OS Linux menyediakan software-software tersebut secara gratis (open source). Bila dibandingkan software-software yang dioperasikan pada OS Windows yang memiliki harga yang mahal dan tidak terjangkau bagi praktisi kimia. Software tersebut diantaranya, Hyperchem, Chem Office, Moe, Pentacle, EASEUS, Chemsket,

 Banyak manfaat yang ditimbulkan oleh cabang ilmu kimia ini, selain mengubah cara pembelajaran ilmu kimia dari konvensional menjadi modern bagi pelajar, kimia komputasi ini juga sangat bermanfaat bagi peneliti-peneliti yang sedang melakukan tentang penemuan unsur baru maupun kajian komputasi yang dilakukan untuk menemukan titik awal untuk sintesis dalam laboratorium, untuk menjelajahi mekanisme reaksi dan menjelaskan pengamatan pada reaksi di laboratorium, serta untuk memahami sifat dan perubahan pada sistem makroskopis melalui simulasi yang berlandaskan hukum-hukum interaksi yang ada dalam sistem.

Demi tercapainya pemahaman ilmu kimia secara sempurna, cabang ilmu kimia yaitu kimia komputasi merupakan hal yang penting untuk ditelusuri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar